Halaman

Jumat, 25 Mei 2012

SEO Blogspot Supaya SEO Friendly

SEO Blogspot  tidak ubahnya seperti SEO untuk WordPress juga blogging platform lainnya. Dalam SEO untuk Blogspot ada beberapa area penting yang harus di optimalkan, jika rekan semua serius ingin mengoptimalkan blogspotnya, tentulah area-area penting dalam Blogspot-nya harus dioptimalkan. Namun sebelumnya saya ingin tekankan, bahwa saya bukan ahli dalam hal SEO SEO an :mrgreen_wp:, informasi dalam posting ini murni pembelajaran saya melalui proses trial and error. Untuk mengoptimalkan Blogspot atau Blogger anda agar menjadi SEO Friendly Blogspot ada sejumlah area yang wajib di ‘ramu’, yaitu:

Sumber : dari berbagai sumber
  • Optimalkan Title Tag Halama/Judul halaman, keterangan lebih lanjut bisa langsung meluncur ke Memperbaiki Judul Halaman SEO untuk Blogspot Layout dan jika anda menggunakan Classic/klasik blogger bisa langsung meluncur ke Mengedit Judul Halaman Blogger Agar SEO Friendly.
  • Gunakan Read More, Fitur ini selain memancing pengunjung untuk membaca kelanjutan posting anda juga akan menambahkan jumlah ‘Page View’ atau ‘Page Click’. 
  • Banyakin (sebanyak mungkin) One-Way-Link atau link satu arah, membuat blog yang banyak kemudian arahkan linknya ke blog yang anda ingin optimalkan.
  • Optimalkan paragraf pertama posting Blogspot anda, Google dan search engine lainnya biasanya membaca karakter dan kata-kata pada paragraf pertama, maka optimalkan keyword diparagraf tersebut. Misalkan pada posting ini saya ingin optimalkan kata2x “SEO untuk Blogspot”, seperti anda lihat diparagraf awal saya menulis 2 kalimat SEO untuk Blogspot.
  • Optimalkan Permalink Blogspot anda, salah satu kelemahan paling kentara blogspot ialah pendeknya space yang disediakan untuk keyword di dalam permalink (permanent link), Blogger biasanya mempersingkat permalinknya sehingga banyak kata kunci yang terpotong. Contohnya, misalkan judul posting saya terdiri dari kata kunci seperti ini, Kemarin Saya Kerumah Teman Saya Karena Ada Urusan Sangat Penting, nah blogger tidak akan menaruh seluruh keyword dari judul posting anda kedalam permalink, melainkan memotongnya, jadinya seperti ini: http://www.namablog.blogspot.com/08/03/kemarin-saya-kerumah-teman-saya.html. Kata kunci Ada Urusan Sangat Penting lenyap entah kemana. Jadi sebaiknya anda singkat dan taruhlah kata kunci yang ingin dioptimalkan kedalam permalink.
  • Optimalkan Meta Deskripsi dan Meta Keyword Blogspot anda, silahkan meluncur ke : Meta Deskripsi dan Meta Keyword untuk tiap halaman Blogspot dan jika anda menggunakan Blogger klasik silahkan meluncur ke: Meta Deskripsi dan Meta Keyword untuk Klasik Blogger.
  • Harus Memiliki Google Sitemap, anda bisa langsung meluncur ke: Google sitemap untuk blogspot blogger.
  • Optimalkan Anchor-text dalam posting, saya sering mengunjungi dan membaca posting blog rekan-rekan entah dia menggunakan Blogspot, WordPress atau lainnya. Mereka umumnya jika merefer kepostingan sebelumnya menuliskan begini “klik ini”, “kesini”, “pukul ini” dstnya, terus terang jika rekan ingin mengoptimalkan blog cara ini tidaklah tepat, ada baiknya tulis seluruh judulnya seperti dalam posting ini, saya tidak menuliskan silahkan meluncur kesini tapi saya tulis silahkan meluncur ke:”judul posting beserta linknya“. Ini untuk membantu Google dalam mengidentifikasi judul posting anda, sebuah kasus lucu ditemukan pada blog Blogger, dimana seringnya ia memakai anchor-text tukang sapu jalanan, maka blognya mendapat rangking teratas dalam hasil pencaharian Google untuk kata kunci tukang sapu jalanan, padahal blognya tidak ada sangkut pautnya dengan sapu-menyapu
  •  hal ini dikarenakan Blogger menuliskan kata kunci tersebut sebagai ancho-text blognya tiap kali isi komentar diblog temannya yang memakai tag dofollow, sehingga spider Google mengidentifikasi blog-nya sebagai tukang sapu jalanan.
  • Pasang Social Bookmark, walaupun blogger Indonesia belum teralalu pusing untuk menggunakan fasilitas social bookmark, karena mereka umumnya lebih tertarik membaca dan isi komentar. Namun tidak ada salahnya memasang sekalian button social bookmark diblog anda, untuk Digg  dan untuk Stumble Upon atau situs sosial network lainnya
  • Dan masukan Blogspot anda kebanyak direktori.
Semoga tutorial SEO Blogspot diatas dapat berguna bagi blogger sekalian... Salam kenal...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar